BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Friday 17 July 2009

BNI INSPIRASIKU ... (Maju dan berkembang bersama BNI)


Sebuah ciri yang baik berkualitasnya sebuah bank dapat dilihat manakala ketika kita berkunjung ke bank tersebut kita dari awal masuk kelingkungannya kita telah melihat suatu tatanan keteraturan yang didesign dengan baik. Contoh kecilnya berada di kota kecil, brebes, Bank BNI 46 cabang brebes. Hal itu kusadari mulai dari awal, Begitu motor masuk, petugas parkir dengan sigap mengarahkan kendaraan roda dua ini ditempatkan dengan berjajar rapih membentuk barisan. Begitupun dengan mobil-mobil yang terpakir, walaupun ditampatkan dipinggir jalan, namun pengaturannya rapih dan lebih kearah keamanan para pengguna jalan, kinerja yang baik untuk para juru parkir.
Melangkah menuju pintu kantor, kita disambut dengan senyum petugas keamanan yang membukakan pintu, tanpa canggung berkata “selamat pagi”, dan ketika melihat gelagat yang berkunjung ke bank agak kebingungan, dengan santun bertanya “ada yang bisa dibantu?”. “ini pak, saya mau mentransfer uang untuk membayar pajak pemesanan nama PT, ini pakainya fasilitas apa yak?”
“oh, ini transfer biasa aja pak, slipnya ada di sebelah kanan dan kiri” demikian beliau menjelaskan sambil menunjuk dua meja tempat slip-slip fasilitas perbankkan tersedia, sepertinya petugas keamanan disini bertugas bukan hanya untuk menjaga keamanan saja, melainkan ditambah sebagai pemberi informasi untuk para costumer. Sebuah sistem kerja yang efektif dan efisien.
“bapak punya rekening bank yang dituju?”
“o iya, ini dia, terimakasih pak”
“sama-sama, jangan lupa ambil nomer antrean dulu pak, silahkan” bapak petugas keamanan memberi senyum kembali dan mempersilahkan sembari mengarahkan ke mesin untuk mengambil nomer antrean.
Nomer 286, nomer yang kupegang. Slip transfer kuambil dan segera ku isi, sangat mudah dan tidak membingungkan costumer. Kemudian hal yang kualakukan adalah mengantre, Nyaris bangku tunggu tidak tersisa, karena banyaknya costumer datang ke bank hari ini, sekitar 50 orang mengantre, apa yang pertama kali terpikirkan? Yah tentu saja “ ini makan waktu lama atau tidak yak?”, menunggu adalah hal yang membosankan, Untunglah bangku disini sangat nyaman ditambah ruangan yang berAC cukup mengurangi kegelisahan dalam menunggu. Sementara nomer antrean berada di nomor 230 teller satu, 231 teller dua dan teller tiga bernomer 233. “uh, bakalan nunggu waktu lama neh” pikirku.
Eits, sebentar.. ternyata antren ini berjalan dengan cepat, satu persatu para nasabah terlayani dengan baik dan cepat oleh tiga teller yang disediakan. Pelayanan yang cepat, dekat dengan costumer ditambah murah senyumnya para teller adalah nilai plus dari bank ini. Hanya butuh 5 menit menunggu untuk segitu banyak orang yang mengantre, luar biasa pikirku, memanglah pelayanan yang cepat yang dibutuhkan semua costumer. BNI 46 telah menerapkan hal ini dengan baik.
Uang telah ditransfer, berarti tugas telah selesai. Melangkah kembali kepintu kepintu, berjumpa lagi dengan bapak petugas keamanan, membukakan pintu, seperti biasa senyum ramah selalu tersemat diwajah bapak itu. Sebuah pengalaman yang menuntunku ingin mengetahui tentang BNI 46 lebih dalam.
BNI berdiri sejak 1946, BNI yang dahulu dikenal sebagai Bank Negara Indonesia, merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Menyusul penunjukan De Javsche Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai Bank Sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peranan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi atau bank sentral. Bank Negara Indonesia lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan, dan kemudian diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa, dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Sehubungan dengan penambahan modal pada tahun 1955, status Bank Negara Indonesia diubah menjadi bank komersial milik pemerintah. Perubahan ini melandasi pelayanan yang lebih baik dan tuas bagi sektor usaha nasional. Sejalan dengan keputusan penggunaan tahun pendirian sebagai bagian dari identitas perusahaan, nama Bank Negara Indonesia 1946 resmi digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI 46'. Penggunaan nama panggilan yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' - ditetapkan bersamaan dengan perubahaan identitas perusahaan tahun 1988.
Tahun 1992, status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero), sementara keputusan untuk menjadi perusahaan publik diwujudkan melalui penawaran saham perdana di pasar modal pada tahun 1996. Kemampuan BNI untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan, sosial-budaya serta teknologi dicerminkan melalui penyempurnaan identitas perusahaan yang berkelanjutan dari masa ke masa. Hal ini juga menegaskan dedikasi dan komitmen BNI terhadap perbaikan kualitas kinerja secara terus-menerus. Pada tahun 2004, identitas perusahaan yang diperbaharui mulai digunakan untuk menggambarkan prospek masa depan yang lebih baik, setelah keberhasilan mengarungi masa-masa yang sulit. Sebutan 'Bank BNI' dipersingkat menjadi 'BNI', sedangkan tahun pendirian - '46' - digunakan dalam logo perusahaan untuk meneguhkan kebanggaan sebagai bank nasional pertama yang lahir pada era Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berangkat dari semangat perjuangan yang berakar pada sejarahnya, BNI bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi negeri, serta senantiasa menjadi kebanggaan negara.
Berikut adalah Visi dan Misi BNI 46 :

Visi BNI
Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan Kinerja

Misi BNI
• Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
• Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
• Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
• Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.
• Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.
Yang menjadi teladan dan inspirasi bagi manusia yang berkeinginan untuk maju dan bekembang adalah budaya kerja yang ditanamkan dalam setiap elemen BNI 46 yang terdiri dari 4 (Empat) Nilai Budaya Kerja, yaitu :
1. PROFESIONALISME
2. INTEGRITAS
3. ORIENTASI PELANGGAN
4. PERBAIKAN TIADA HENTI

Dan sebagai individu hendaknya mencontoh 6 Nilai Perilaku Utama Insan BNI yaitu
• Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
• Jujur, Tulus dan Ikhlas
• Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
• Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
• Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
• Kreatif dan Inovatif

“Luar biasa”, sepertinya tatanan BNI 46 telah didesign sedemikian rupa, sehingga BNI 46 merupakan instansi perbankan yang disegani keberadaannya di negeri ini. Salut untuk peranan dan kinerjanya, sukses selalu untuk BNI 46. BNI inspirasiku, maju dan berkembang bersama BNI.

0 comments: