BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Saturday 14 March 2009

RADIKAL BEBAS bagaikan janda muda cantik….


Radikal bebas merupakan jenis oksigen yang mempunyai elektron yang tidak berpasangan dan memiliki sifat tidak stabil karena kandungan energinya banyak. Alhasil, energi yang berlebihan akan bereaksi dengan sel-sel tubuh yang dapat mengakibatkan sel rusak atau berubah karakter. Problemnya, radikal bebas ini paling berbahaya dan berpotensi menjadi sel kangker.
Dr Handy Purnama, Medikal Marketing Manager Bayer Healtcare Consumer Care, mengatakan radikal bebas dengan jumlah yang masih terkendali saat masuk ketubuh akan berfungsi menghancurkan mikroba-mikroba yang merugikan dalam tubuh. Namun, jika yang masuk terlampau banyak, akan menekan system imun. “Radikal Bebas itu bagaikan janda muda cantik yang merusak rumah tangga orang” begitu ujarnya.
Radikal bebas biasanya muncul akibat proses sampingan dari proses oksidasi dan pembakaran sel yang berlangsung saat bernapas, metabolisme sel dan olahraga yang berlebihan. “Dan juga karena lingkungan, seperti asap rokok, bahan pencemar dan radiasi matahari atau radiasi kosmis”.
Agar tubuh tetap fit dan terhindar dari radikal bebas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, menerapkan pola makan sehat dan cukup gizi, berolahraga secara utin serta menkonsumsi vitamin C, vitamin E, Zine dan selenium. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan, yang diyakini dapat memutus rantai reaksi untuk mencegah kerusakan radikal bebas.


Sumber: Tempo
Ditulis kembali oleh seseorang yg pernah menjadi “DOKTER” di klinik Gama Health Centre. Dr. Imam Syamsuroji

0 comments: