BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Monday 9 March 2009

THE READER ( sang pembaca )



Mungkin sebagian orang beranggapan, apa pentingnya menulis?. Kemudian pertanyaan lain, untuk apa membaca?. Sah-sah saja mereka bertanya demikian, karena semua bergantung pada keyakinan. Keyakinan akan penting atau tidak pentingnya menulis, keyakinan kegunaan membaca atau tidak berguna sama sekali, semua adalah bergantung kepada setiap individu. Keyakinan tidak ada yang salah dan benar, melainkan keyakinan apa yang membuat kita berdaya dan selainnya melemahkan.
Sebuah tulisan adalah sebuah pesan. Dia menyampaikan dengan caranya sendiri. Dia bisa melewati ribuan tahun dengan menulis sebuah pesan. Pengetahuan bisa diutarakan dari beberapa abad yang lalu dan sampai sekarang bisa bertahan. Pengetahuan tentang pengalaman dimasa lampau dan ada pula pesan dari tulisan yang menjadi pegangan hidup, semuanya tertuang dalam apa yang disebut kitab suci.
Lalu apa yang dibutuhkan dari sebuah tulisan?. Adalah seseorang yang dapat membaca, yah dialah yang disebut sang pembaca. Dan sang pembaca inilah yang memperoleh pengetahuan dari sebuah pesan, dialah yang menerjemahkan kumpulan huruf dan menarik beberapa kesimpulan tentang apa yang terjadi. Bisa jadi sang pembaca memahami sesuatu, dia mengetahui sebuah rahasia yang membuatnya lebih banyak tahu dan tahu lebih banyak.
Salam untukmu… sang pembaca.

0 comments: